Kamis, 14 April 2016

Strategi pemasaran dalam E-commerce

Strategi pemasaran dalam E-commerce tidak ubahnya terjadi dalam pemasaran konfensional yaitu pengambilan keputusan-keputusan tentang pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan .

Dalam strategi pemasaran, ada 4 faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran dalam E-commerce yaitu :

1. Daur hidup produk, strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
2. Posisi persaingan perusahaan dipasar yang memanfaatkan E-commerce, strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam hal persaingan usaha, apakah ingin menjadi pemimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
3. Situasi ekonomi, strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi
4. Penggunaan media online, dalam pemasaran melalui E-commerce perlu mempertimbangkan kehandalan berbagai media online dan cakupan areanya, demi meningkatkan daya saing dalam berbagai media yang memanfaatkan jejaring online.

a. Strategi pemasaran berdasarkan kebutuhan
di bagi dalam 4 jenis, yaitu :
1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai
2. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian
3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada
4. Merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru.

b. Strategi pemasaran berdasarkan media yang di gunakan
1. Search Engine
2. Optimalisasi Google Maps
3. Kampanye Pay Per Click (PPC)
4. Promosi di media sosial
5. Penggunaan blog
6. Penggunaan video marketing
7. Surat kabar digital

c. Menggunakan afiliasi pemasaran untuk mempromosikan website e-commerce
Afiliasi pemasaran adalah usaha perolehan pendapatan antara pengiklan online dengan pedagang dalam penjualan online.

d. Membuat website e-commerce dengan aplikasi Opensource
Manfaat e-commerce secara umum :
1. Perluasan jangkauan geografis, perluasan basis pelanggan.
2. Meningkatkan visibilitas melalui search engine marketing
3. Memberikan informasi berharga tentang bisnis anda kepada pelanggan.

e. Dalam membangun atau mengelola website e-commerce, perlu memperhatikan arsitektur dan konfigurasi sistem, serta penggunaan aplikasi website e-commerce yang sesuai dengan produk yang di tawarkn dan mampu menjaga keamanan data serta komunikasi pelanggan.

f. Konfigurasi sistem aplikasi e-commerce perlu memperhatikan kehandalan sistem yang biasa di sebut dengan stateless web server dan statefull web server.

g. Konfigurasi sistem dan tool yang di gunakan, adalah enkripsi publik, key/private-key, sertivicate secure protocol, enkripsi dan tool security, penggunaan firewall, dan keamanan pemrosesan kartu kredit. Sehingga para pelanggan produk-produk yang anda tawarkan merasa memiliki pilihan produk dan keamanan data mereka dapat di pertanggungjawabkan.

3 komentar:

  1. Terimakasih sangat bermanfaat sekali Perkenalkan nama saya cesylea dora sevtianti nim 1722500021 dari STMIK ATMA LUHUR PANGKAL PINANG

    Kunungi website saya
    Https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  2. Terimakasih ngab this is very" bermanfaat👍 top lah

    BalasHapus